Minggu, 06 Maret 2016

Fakta Dan Mitos Gerhana Matahari

Sebelum saya masuk dimitos dan fakta gerhana matahari, saya akan memberitahukan apa itu gerhana matahari.Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari, sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.
   Tentunya anda sudah tahu bukan??  Pada 9 Maret 2016, sebagian besar Pasifik, meliputi Indonesia, malaysia, dan negara-negara lainnya di Asia Tenggara dan benua Australia akan dapat menyaksikan gerhana matahari parsial. Gerhana matahari total dianggap sebagai salah satu fenomena alam paling mengesankan yang terjadi di Bumi. Di Timur Samudera Pasifik, gerhana matahari total akan terjadi selama lebih dari 4 menit. Sedangkan, garis kuning menunjukkan daerah dengan gerhana matahari parsial



Terlepas dari itu, ternyata gerhana matahari memiliki beberapa fakta dan mitos yang beredar dikalangan masyarakat. diantaranya adalah sebagai berikut:

*MITOS GERHANA MATAHARI

1. Di China, Naga makan matahari
Di China Kuno, gerhana matahari juga menjadi objek penelitian. Meski demikian masyarakat China lebih mempercayai mitos tentang fenomena gerhana matahari.
Astrolog China pernah menulis tentang gerhana yang terjadi 4000 tahun yang lalu. Sejarawan dan astronom percaya bahwa gerhana itu terjadi tepat pada tanggal 22 Oktober 2134 SM.
Masyarakat China pada waktu itu percaya bahwa terjadinya gerhana Matahari disebabkan oleh adanya seekor naga yang sedang melahap Matahari. Menurut legenda, dua astrolog pada saat itu, Hsi dan Ho, dieksekusi mati karena gagal dalam memprediksikan waktu terjadinya gerhana ini.
Untuk menakuti naga ini, warga lalu membunyikan suara-suara keras seperti petasan. Dan hingga saat ini hal itu masih dilakukan.
2. Mesir Kuno, dewa matahari melawan ular laut
Dalam mitologi Mesir Kuno ada satu dewa yang paling penting, yaitu Ra. Ra adalah dewa yang berkepala elang dan merupakan dewa Matahari. Dalam kesehariannya, Ra memimpin sebuah perahu yang banyak berisi dewa guna melintasi langit.
Ketika malam hari, Ra kembali ke barat lewat jalan akhirat (underworld) dengan membawa cahaya untuk jiwa-jiwa yang sudah mati. Diceritakan dalam mitos tersebut bahwa perjalanan Ra melintasi langit adalah perjalanan yang sangat berbahaya.
Letak bahaya dari perjalanan Ra adalah adanya Apep, yaitu dewa Ular Laut yang jahat. Apep selalu berusaha untuk menghentikan perjalanan Ra. Bila terjadi gerhana Matahari maka diyakini Apep telah berhasil menghentikan Ra, walaupun pada akhirnya Ra, dewa Matahari berhasil meloloskan diri dan matahari kembali bersinar.
3. India, setan makan matahari
Mitos gerhana matahari di India juga ramai dibicarakan saat negeri itu mengalami gerhana matahari total, Rabu 28 Juli 2009. Saat itu, para ahli nujum India memprediksikan, kekerasan dan kekacauan akan melanda seluruh dunia karena kepercayaan tahayul mereka sebagai akibat dari gerhana matahari total.
Dalam mitos Hindu, dua setan yakni Rahu dan Ketu yang diyakini menelan matahari sehingga terjadinya gerhana. Wanita-wanita hamil disarankan tetap berada dalam rumah selama gerhana berlangsung untuk menghindari bayi mereka terlahir tak cacat.
Doa-doa, puasa dan mandi ritual dianjurkan untuk dilakukan di sungai-sungai suci. Hal ini dilakukan untuk menghindari efek negatif dari gerhana tersebut.
4. Jawa, matahari dimakan Betara Kala
Di tanah Jawa juga ada mitos soal gerhana matahari. Dalam mitos Jawa, fenomena ini terjadi saat raksasa Betara Kala atau Rahu menelan matahari karena dendamnya pada Sang Surya atau dewa matahari. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya gerhana.
Di masyarakat Jawa, ketika fenomena gerhana matahari terjadi maka wanita hamil harus masuk rumah. Anak-anak kecil diharuskan masuk rumah untuk menghindari murka Betara Kala.
Dan hingga kini di beberapa wilayah mitos ini masih dipegang teguh.
5. Di Jepang, gerhana matahari penyebar racun
Orang Jepang yang dikenal maju juga punya mitos tentang fenomena gerhana matahari. Masyarakat Jepang dulu percaya bahwa gerhana matahari adalah sebuah wabah atau pagebluk yang sangat berbahaya.
Ketika gerhana matahari terjadi, orang Jepang percaya sedang ada racun yang sedang ditebarkan. Matahari yang tertutup dan membuat gelap sesaat itu diyakini sebagai racun yang disebar Untuk menghindari air di bumi terkontaminasi racun, mereka menutupi sumur-sumur mereka.

*FAKTA GERHANA MATAHARI

1. gerhana terpanjang di abad ini terjadi pada tanggal 22 Juli 2009 gerhana ini bisa dilihat atau diamati di India, Nepal, Bhutan dan China. Durasi gerhana ini adalah 6 menit 29 detik.
2. Naungan bulan selama gerhana di permukaan bumi bergerak dengan kecepatan hingga 2000 meter per detik.
3. Sebelum benar-benar tersembunyi di balik bulan, di tepi disk surya jelas terlihat "sinar". Hal ini disebabkan fakta bahwa sinar matahari yang hampir sejajar dengan permukaan bulan, tercermin melekat pada rata bulan tanah - kawah dan gunung-gunung.
4. Kecantikan dan "akurasi" dari gerhana matahari karena kebetulan indah dan ukuran bulan dan matahari sama jika dilihat dari bumi - diameter Matahari adalah 400 kali lebih besar dari diameter bulan, dan jarak untuk itu adalah 400 kali lebih besar dari bulan.
5. Oleh karena itu, bumi - satu-satunya tempat di tata surya, di mana Anda dapat mengamati gerhana matahari total
6. Pada planet lain ada jenis lain dari gerhana, misalnya, Jupiter adalah gerhana tiga, ketika bayang-bayang dari tiga satelit secara bersamaan terlihat di permukaan teleskop.

7. inersia lautan kecuali memperlambat rotasi bumi menyebabkan pemisahan Bulan dari Bumi. Diperkirakan lebih dari 600 juta tahun Bulan dari Bumi sendiri terpisah sehingga tidak akan cukup untuk "menutup" matahari, gerhana matahari tidak terjadi lagi.
8. Pada setiap titik dalam gerhana matahari bumi dapat diamati rata-rata sekali setiap 360 tahun
9. Namun ada tempat-tempat khusus di bumi, misalnya dalam Illionoyse Carbondale, Amerika Serikat - di mana gerhana dijadwalkan 21 Agustus 2017 dan April 8, 2024, yaitu, dengan jarak hanya tujuh tahun!
10. Selama gerhana bulan, Bulan membentuk lingkaran merah terlihat karena fakta bahwa sinar matahari dalam perjalanan ke Bulan melewati atmosfer bumi.
 Sekian fakta dan mitos seputar gerhana matahari.. Semoga bermanfaat!!!!!
Previous Post
Next Post

0 komentar: