Rabu, 08 Mei 2019

Konsep Dasar Dalam Ilmu Ekonomi




Dalam Ilmu Ekonomi terdapat beberapa konsep dasar, Di antaranya adalah sebagai berikut ini :

A : Kelangkaan (Scarcity)
Pertanyaan pertama yang muncul ialah apa yang di maksud dengan Kelangkaan ? Kelangkaan yaitu suatu masalah keterbatasan sumber daya untuk di konsumsi dalam kehidupan sehari hari. Rumah tangga memiliki keterbatasan pendapatan, waktu, dan sebagainya, sehingga jumlah barang dan jasa yang dapat di konsumsi juga akan terbatas. Perusahaan mengalami keterbatasan anggaran pula sehingga Harus menentukan berapa jumlah input yang akan digunakan dalam proses produksi, serta berapa jumlah barang yang akan di produksi.

B : Pilihan-Pilihan (Choices)
Seseorang selalu di hadapkan dengan berbagai pilihan dalam kehidupan. Apakah kita ingin berlibur ke pantai atau ke pegunungan ? Apakah kita ingin berbelanja di pasar swalayan atau pasar tradisional ? Apakah kita ingin melanjutkan pendidikan atau bekerja dan menabung terlebih dahulu. Dalam kegiatan ekonomi juga terdapat pilihan pilihan tersebut.

C : Biaya Kesempatan (Opportunity Cost)
Perlu di pahami bahwa seseorang memutuskan untuk memilih salah satu pilihan tersebut maka ada biaya kesempatan yang hilang. Misalnya saja orang di masyarakat memutuskan untuk melanjutkan sekolahnya saja. Maka saat yang bersamaan, dia akan kehilangan upah yang terdapat Di peroleh jika dirinya bekerja.

D : Alokasi (Alocation)
Alokasi hampir mirip maknanya dengan distribusi. Dalam Ilmu ekonomi, Alokasi berarti bagaimana mengalokasikan sumber daya yang sangat terbatas untuk memenuhi kebutuhan yang hampir tidak terbatas. Misalnya seseorang memiliki yang sebanyak 1 juta rupiah serta dialokasikan untuk memakai pakaian seharga 400 ribu rupiah dan makanan sebesar 600 ribu rupiah. Maka kesempatan untuk membelanjakan uang (sumber daya) yang dimiliki orang tersebut merupakan perwujudan alokasi sumber daya.
Previous Post
Next Post

0 komentar: